Keren! Ratusan Siswa SMPN 12 Tegal Dilatih Batalion Zeni Tempur

Ratusan siswa SMP Negeri 12 Tegal pasukan Batalion Zeni Tempur saat acara perkemahan Pramuka Penggalang 2023 di Yon Zipur Slawi,  Selasa hingga Kamis (10-12/10/2023).

Perkemahan tersebut diikuti siswa-siswi kelas 7 yang totalnya mencapai 168 peserta didampingi 10 pembina dan 2 personel TNI.

Secara usia siswa kelas 7 sudah selayaknya naik tingkat dari Penggalang Ramu ke Penggalang Rakit, apalagi siswa kelas 7 telah mengikuti latihan kepramukaan di sekolah.

“Berbagai kegiatan diikuti para peserta dengan penuh antusisas di hari pertama Pramuka Penggalang mulai dari mendirikan tenda per regu, upacara pembukaan, hingga mengikuti materi pembuka yang membahas tentang berita seputar Pramuka, salat berjamaah dan dilanjutkan kegiatan nonton bareng (nobar) ‘Petualangan Lima Elang’,” kata Kepala SMP Negeri 12 Tegal Setiyadi.

Hari kedua diawali dengan kegiatan salat berjamaah, senam pagi, wide game, permainan besar, dan api unggun. Selain kegiatan tersebut, ada kegiatan yang membuat peserta berkesan, yakni Renungan Malam.

Siswa dibangunkan pasukan pukul 3.00 dinihari kemudian dikumpulkan di masjid. Mereka diberi pembinaan dan renungan oleh Pembina Pramuka Agung Setiawan tentang dosa-dosa kepada orang tua.

Siswa juga diingatkan kembali bahwa orang tua selama ini telah membesarkan anaknya tanpa mengenal lelah. Tetapi terkadang mereka lelah melupakan jerih payah dari orang tua.

Kegiatan perkemahan ditutup acara kebersihan lingkungan dan bakti sosial yang dipimpin personel TNI Batalion Zeni Tempur.

“Kegiatan perkemahan bertujuan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, cinta tanah air, kedisplinan, rasa senang dan bahagia serta menumbuhkan jiwa kepemimpinan, semangat kebersamaan, gotong royong dan peduli kepada sesama. Seperti tercantum dalam Dasa Dharma maupun Tri Satya,” ujarnya.